Victor Chernomyrdin Tutup Usia

Moskow (ANTARA News) - Mantan Perdana Menteri Rusia Viktor Chernomyrdin Rabu pagi meninggal dunia pada usia 73, menurut sumber politik di Moskow.

"Chernomyrdin meninggal pada pukul 04:00 waktu Moskow. Dia menderita sakit berat," kata sumber itu.

Setelah menjabat sebagai perdana menteri Rusia di bawah Presiden Boris Yeltsin dari 1992-1998, Chernomyrdin menjadi duta besar Rusia untuk Ukraina pada 2001, pos yang dia duduki sampai 2009, pada saat dia dicanangkan sebagai seorang penasehat kepresidenan.

Chernomyrdin adalah pendukung setia Yeltsin dan pendukung privatisasi serta sejumlah reformasi lain, meskipun ia memulai karirnya dengan banyak melawan perubahan ekonomi.

Dia menjabat sebagai menteri industri minyak dan gas pada akhir 1980-an, dan membantu mengembalikan kementerian menjadikan perusahaan gas milik negara Gazprom pada 1989.

Dia menjadi kepala pertama badan perusahaan itu, satu pos yang dia emban kembali sampai 2000, dan sahamnya di perusahaan itu membuatnya sebagai salah satu pria terkaya di Rusia.

Chernomyrdin paling dikenal didunia sebagai tokoh berbahasa Rusia untuk penggunaan warna-warni tentang bahasa, dan kini diciptakan pepatah populer "kita menginginkan yang terbaik, tapi ternyata seperti biasa," diucapkan setelah Bank Sentral Rusia melalukan perubahan moneter tapi tidak berhasil pada awal 1990-an.

Sebagai duta besar Rusia untuk Ukraina, dia pernah mengatakan, krisis ekonomi akan membuat hubungan kerja sama Rusia dan Ukraina lebih erat.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDALAH YANG KAMI BUTUHKAN.