Diskusi Hubungan RI-Malaysia Digelar di Jakarta

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri akan menyelenggarakan diskusi mengenai hubungan Indonesia dengan negara tetangga, Malaysia.

"Diskusi akan digelar di Jakarta tanggal 6-7 Oktober 2010," kata Minister Konselor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur, Widyarka Ryananta, saat menerima tim redaksi Tabloid Caraka di Kuala Lumpur, Senin.

Diskusi itu diharapkan dapat menyerap aspirasi di Tanah Air tentang bagaimana hubungan ke depan kedua negara serumpun ini.

Dijelaskannya, pihaknya akan mengundang pembicara dari kalangan lembaga pemerintah yang menjadi pemegang kebijakan hubungan kedua negara, pelaku media, akademisi serta aktivis LSM sekaligus mengundang mahasiswa sebagai peserta aktif.

"Kami menyiapkan 100 undangan yang semuanya adalah dari dalam negeri," ungkapnya.

Secara garis besar, ada empat topik yang akan dibahas dalam diskusi dua hari tersebut. Topik pertama akan dibahas peranan media dalam mengelola hubungan Indonesia-Malaysia dan Hubungan Indonesia-Malaysia dalam perspektif sejarah dan sosial budaya.

"Selanjutnya, juga akan dibahas tentang perlindungan TKI dan isu-isu perbatasan Indonesia-Malaysia," katanya.

Dalam acara tersebut, para peserta juga akan dibagikan buku "Diplomasi Perjuangan Kedutaan Tersibuk di Dunia" yang diterbitkan KBRI bekerjasama dengan Perum LKBN Antara.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDALAH YANG KAMI BUTUHKAN.