Usir Stres Dengan Cokelat

Jakarta (ANTARA News) - Jam dinding sudah menunjukkan angka satu. Anda belum makan siang sementara anda harus mengikuti pertemuan dengan klien jam dua siang. Anda juga masih belum selesai membuat presentasi yang akan anda tampilkan dalam pertemuan itu.

Anda merasa stres berat. Jadi apa yang bisa menenangkan anda secara cepat? Juga, makanan apa yang harus anda konsumsi saat anda lesu, ngambek, cemas, marah, sedih, dan sedang mengalami PMS (Premenstrual Syndrome).

Berikut ini makanan yang bisa anda konsumsi saat mengalami keadaan seperti sudah disebutkan diatas, seperti dikutip dari Woman's Day.
Hilangkan Stres Dengan Cokelat
Para pakar mengatakan bahwa cokelat, terutama cokelat hitam bisa membantu mengurangi hormon stres yang menumpuk dalam tubuh anda. Peneliti di Swiss menemukan bahwa makan sedikit cokelat (kira-kira 0.5 kg) memiliki tenaga untuk mengurangi hormon kortisol dan cokelat katekolamin dalam tubuh. Itu mengurangi kegelisahan dan memberi anda kesempatan lebih baik untuk melakukan pekerjaan. Penelitian itu dipublikasikan dalam "Journal of Proteome Research."
Hilangkan Lesu Dengan Salad Bayam
Saat anda merasa sulit konsentrasi dan membuat mata anda tetap terjaga, gantilah kopi anda dengan salad bayam. "Asam folat, membantu tubuh anda memproses dan menurunkan tingkat "homocysteine."

Kadar tinggi "homocysteine" terkait dengan kerusakan dalam pembuluh darah, sebagai tambahan untuk mengganggu aliran darah dan nutrisi otak. Gangguan aliran darah membuat anda merasa lesu atau memproses atau mengingat kembali informasi," kata Dr. Joanna Dolgoff, MD, penulis buku "Red Light, Green Light, Eat Right."
Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya folat, seperti bayam dan sayuran hijau lain. Kentang, roti bernutrisi, sereal, kacang-kacangan, buncis dan jamur juga kaya akan folat.
Makan Apel Dengan Selai Kacang Saat Anda Mudah Tersinggung
Dr. Dolgoff mengatakan untuk menghilangkan perasaan mudah tersinggung, kita harus mengombinasikan makanan pada setiap makanan dan kudapan. "Kombinasi kanan yang mengandung karbohidrat dalam kombinasi dengan beberapa protein dan lemak. Karbohidrat merupakan sumber energi terbesar yang mudah terbakar.

Menambah beberapa lemak atau protein akan memperlambat proses pencernaan. Menyebabkan kadar gula dan energi anda tetap stabil selama jangka waktu panjang. Contoh terbaik dari kombinasi kudapan adalah apel dengan selai kacang," kata Dr. Dolgoff.
Apel merupakan karbohidrat dan selai kacang adalah lemak sehat. Kombinasi keduanya memberikan makanan lezat dan energi yang awet selama berjam-jam.
Hilangkan Rasa Cemas dengan Burger Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 terkaya. Nutrisi itu bisa menjinakkan kecemasan anda.

"Konsumsi asam lemak omega-3 secara rutin sudah didukung penelitian luas untuk mencegah dan mengobati depresi secara klinis. Dan ada yang bukti berkembang bahwa omega 3 juga membantu mengurangi marah dan mudah tersinggung," kata Dr. Stephen Ilardi, PhD, penulis "The Depression Cure."
Dr. Ilardi mengatakan meski kita bisa mendapatkan omega 3 dari tumbuhan, lebih baik kita mendapatkannya dari ikan. "Bentuk khusus dari omega 3 yang paling kuat meningkatkan "suasana hati" paling banyak ditemukan dalam ikan air dingin seperti salmon, ikan haring, sarden dan ikan kembung," kata dia.
Minum Teh Hijau Saat Marah
Saat anda marah dan memerlukan ketenangan, minumlah secangkir teh hijau sedikit demi sedikit. "Teh hijau mengandung "theanine," yang menenangkan anda dan membantu anda mempertahankan konsentrasi dan fokus," kata Jacob Teitelbaum, MD. Dia adalah seorang peneliti, ahli nutrisi dan penulis "Beat Sugar Addiction Now!" Teh hijau dengan kafein dalam jumlah rendah tidak akan membuat anda marah. Teh hijau lebih lembut bagi tubuh anda daripada kopi.
Makan Sereal Gandum Susu Rendah Lemak
"Nutrisi ini memiliki peran berbeda dalam tubuh, satu yang membantu produksi serotonin," kata Dr. Dolgoff. Serotonin dikenal sebagai "hormon perasaan senang," yang bisa membantu anda merasa tenang, santai dan senang. Kurang vitamin D akan mempengaruhi kemampuan tubuh anda untuk menstabilkan "suasana hati" dan mengurangi perasaan depresi. Tingkatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi susu bernutrisi, sereal bernutrisi atau jamur. "Tergantung pada pola makan anda, anda mungkin juga perlu mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D," tambah Dr. Dolgoff.
Makan Sandwich Telur Saat Anda PMS
Stella Metsovas, BS, CN seorang ahli nutrisi, mengatakan sehari sebelum menstruasi, biasa bagi para perempuan untuk mulai ketagihan karbohidrat. Dan untuk tujuan baik, karbohidrat akan membantu tubuh anda meningkatkan kadar serotonin. Itu akan membantu meningkatkan "suasana hati" anda.

Tetapi, hindari kadar gula tinggi, makanan tinggi karbohidrat, seperti donat atau keripik kentang. Jenis makanan itu membuat anda lesu atau lebih buruk lagi, mudah tersinggung setelah kadar darah anda menigkat kemudian turun.  
Pilihan untuk gandum utuh, seperti roti gandum utuh, dan sebagai tambahan untuk mengatasi PMS. Konsumsi dengan triptofan kaya protein seperti telur, biji-biji bunga matahari atau kalkun, yang bisa melepas serotonin. Sandwich telur dengan roti gandum utuh merupakan kombinasi sempurna dari karbohidrat dengan triptofan.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDALAH YANG KAMI BUTUHKAN.